Pages

Monday 13 July 2015

Jagung Manis Rebus Tabur Keju dan Susu (JaMan TaKeSu)

Berbukalah dengan yang manis-manis.

Bangun tidur setelah matahari naik tinggi. Semalam lelah begadang setelah menulis artikel untuk genjot traffic blog. Sahur tak sempat, subuh pun hampir lewat. Di bulan Ramadhan seharusnya ibadah yang ditingkatkan, bukannya jam tidur yang diperpanjang. Puasa jangan dijadikan alasan untuk bermalas-malasan.

Ya bangun tidur yang kesiangan. Cuci muka sebentar lalu langsung cabut ke pasar. Menggunakan sepeda motor kebanggaan bersama anak-anak kesayangan. Melaju di jalanan berlubang membuat laju motor sedikit bergoyang. Bangun tidur memang sudah kesiangan. Membuat otak sedikit kewalahan memikirkan bahan apa yang akan diolah menjadi santapan.

Bangun memang sudah kesiangan. Maka tak heran bila di pasar tak banyak pilihan. Sedikit obrolan dengan penjual sayuran memberi jawaban. JaMan TaKeSu. Jagung Manis Rebus Tabur Keju dan Susu adalah saran yang diberikan. Dan menu tersebut menjadi pilihan untuk berbuka puasa ketika maghrib tiba.

Begini, memang cara mengolah jagung ala tukang sayur tersebut tidak lazim saya lakukan. Biasanya saya akan merebus jagung setelah bulir-bulir jagung terlepas dari bonggolnya. Atau dengan membeli jagung manis pipilan. Tapi baiklah khusus kali ini saya akan mencaoba cara yang disarankan penjual sayur. Meski benak saya mengatakan bahwa caranya sedikit tidak mudah. Tapi tak jadi masalah. 
dok. pribadi

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat JaMan TaKeSu ala ibu tukang sayur tersedia semua di pasar. Bila kamu berminat, maka kamu hanya perlu menyiapkan : 

  • Jagung Manis 
  • Susu kental manis
  • Mentega
  • Keju
  • Sambal
Caranya pun cukup mudah, tidak terlampau sulit. Kesulitan ada ketika melepaskan bulir-bulir jagung dalam kondisi jagung baru diangkat (panas). Maka saran saya lepaskan saja bulir-bulir jagung tersebut baru kemudia direbus. Atau untuk ringkasnya beli saja jagung manis pipilan. Itu jauh lebih mudah dan ringkas. Oke kita kembali ke JaMan TaKeSu ala ibu tukang sayur. Caranya :
  • Rebus jagung setelah jagung dibersihkan. 
  • Tiriskan jagung lalu segera lepaskan bulir-bulir jagung dari bonggolnya. Sudah saya perkirakan cara ini akan terasa lebih sulit. Sengaja saya coba karena memang akan dijadikan bahan artikel dari D'cobek.
  • Setelah bulir-bulir jagung terlepas, berilah mentega secukupnya dan susu kental manis secukupnya pula. Lalu aduk hingga rata.
  • Bila kamu suka pedas tambahkan sambal sesuai selera lalu aduk hingga rata.
  • Terakhir taburkan serutan keju di atasnya.
  • JaMan TaKeSu siap dihidangkan.
Ya, caranya memang tidak biasa. Tapi bukan saya bila tidak bandel untuk tetap mencobanya. Eh tapi tahukah kamu bila jagung memiliki banyak manfaatnya lho. Merupakan hasil penelusuran saya dari mesin pencari ternyata ada delapan manfaat yang bisa kita temukan dalam jagung manis yang saya konsumsi beberapa hari yang lalu, diantaranya :
  1. Meningkatkan kesehatan penglihatan.
  2. Meningkatkan daya ingat. 
  3. Mencegah masalah jantung.
  4. Mencegah kanker paru-paru. 
  5. Meningkatkan kekuatan tulang.
  6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  7. Mengatasi anemia.
  8. Menurunkan kolesterol.
Wah, kudapan favorit saya ini ternyata selain lezat juga banyak manfaatnya. Jagung manis hanya direbus saja sudah nikmat. Apa lagi bila diolah dalam aneka rupa jenis masakan. Hm, coba saya ingat-ingat kudapan apa saja yang menggunakan jagung ya. Hei ada sop jagung manis yang nikmat bila disantap saat hangat, atau perkedel jagung yang gurih menggoda, tapi jagung bakar aneka rasa pun enak atau bolu jagung. Kalau yang terakhir tampaknya sedikit lebih ribet ya. Tapi bila memang gemar memasak itu tidak menjadi kedala kan?

Oke, setelah mengetahui banyaknya manfaat dan nikmatnya olahan dari jagung ini. Rasanya saya perlu menyediakan beberapa bungkus jagung manis pipilan dalam kulkas saya. Jadi bila ingin membuat kudapan seperti JaMan TaKeSu atau yang lainnya, saya tidak perlu repot-repot seperti resep di atas. Meski bukan resep andalan tapi bagi kamu yang ingin mencobanya, saya ucapkan selamat mencoba. Tapi bila merasa terjebak dengan tulisan ini ya maafkan saja. :D

10 comments:

  1. memang itu kudapan yang disukai anak sekarang, ibuku pernah bilang , ada-ada saja jagung kok ya dipakaikan keju.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makin ke mari makanan yang disajikan makin unik :D

      Delete
  2. aku suka banget sama sweet corn ini enak rasanya hehehe terutama sama jagungnya euuh mantap hehehe

    ReplyDelete
  3. Ini nih aku paling sukaaa...endes ya hahhaa...

    ReplyDelete
  4. mkanan fav ku bgttt ini... masalahnya 1, nth kenapa tiap bikin sndiri ama beli yg jadi, rasanya lbh enak yg beli hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha coba tanya ke si penjual resep andalannya :D

      Delete