Pages

Wednesday 14 October 2015

Sop Ayam Minim Bumbu Tanpa Penyedap

Pada tahu-tahun awal pernikahan saya belum paham memasak. hehe. Namun seiring waktu ketrampilan memasak kian terasah. Kisah masak memasak ini dimulai ketika saya dan keluarga pindah ke pulau Borneo. Di sana beberapa harga bisa berkali-kali lipat dari harga barang di tanah Jawa. Sehingga pengeluaran kami pun otomatis lebih besar dari biasanya.

Memasak adalah cara tepat dalam membatasi pengeluaran keluarga kecil saya. Masalahnya ketika kami tinggal di Samarinda saya benar-benar belum pernah memasak apa pun. Dulu saya pernah mencoba menggoreng tempe. Tempe saya potong-potong sedikit tipis. Setelahnya tempe saya rendam dalam air bergaram. Setelah sekian lama direndam tempe pun saya goreng. Lalu tempe disajikan dalam piring kaca, Warna tempe sesuai dengan yang saya harapkan. Saya pun antusias donk dengan hasil memasak saya. Tanpa menaruh curiga tempe langsung saya sikat. Sayang tempe hanya bertahan sebentar di mulut saya. Selebihnya tempe goreng itu berakhir pada tempat sampah. Kasian.

Itu kegagalan pertama saya. Pelajaran yang saya dapat dari kejadian tempe tersebut adalah satu sendok makan garam itu terlampau banyak bila digunakan untuk air rendama tempe. Ya, garam cukup seujung sendok saja. Tak heran tempe goreng saya rasanya sangat asin.

Lalu ketika suami saya ditugaskan di pulau Kalimantan. Memasak menjadi hal baru bagi saya. Tak ada satu pun menu yang saya paham. Untungnya saya meiliki ibu kos yang baik hati. Dari beliaulah saya belajar memasak. Resep pertama yang saya coba adalah sop ayam. Bahan-bahannya mudah ditemukan. Bumbunya pun tak banyak. Dan satu lagi, sop ayam yang diajarkan beliau tidak menggunakan penyedap. Untuk mendapatkan rasa hanya memainkan garam dan gula.
sop ayam
Sop ayam saya sangat sederhana tapi kaya gizi. Berikut sop ayam nan sederhana itu :

Bahan-bahan :
- 1/2 potong ayam ukuran sedang lalu potong-potong sesuai selera
- 5 butir bawang merah
- 2 siung bawang putih
- 3 buah wortel lokal, banyaknya wortel disesuaikan selera.
- satu buah kentang ukuran sedang, banyaknya kentang sesuaikan selera.
- 2 ikat seledri
- 1 batang daun bawang
- 1/2 buah biji pala
- merica secukupnya
- garam secukupnya

Cara memasak :
- Rebus 2 liter air. setelah mendidih masukan ayam yang telah dibersihkan lalu beri biji pala.
- Daging ayam telah matang masukkan wortel yang telah dipotong-potong. 
- Masukkan kentang ketika dirasa wortel telah sedikit empuk.
- Tumis bawang merah, bawang putih yang telah diiris.
- Masukkan daun bawang potong kasar dan seikat seledri.
- Beri garam, gula dan merica.
- Sop ayam siap dihidangkan.

Bahan, bumbu dan caranya sangat sederhana jadi mudah sekali bila untuk dipraktekkan. Memasak tidak hanya menghemat pengeluaran tapi juga menjamin kesehatan keluarga tetap terjaga. :))

No comments:

Post a Comment