Pages

Wednesday 14 October 2015

Udang Berselimut Tepung

Mencari cemilan yang sesuai dengan selera anak itu gampang. Tapi camilan yang sehat itu yang tak mudah. Beberapa cemilan pernah saya hadirkan di tengah-tengah keluarga tercinta. Satu yang sering adalah udang goreng tepung.
udang berselimut tepung
Udang kaya akan kalsium dan protein namun rendah energi. Berkolesterol maka konsumsilah udang dalam batas yang wajar. Daging udang memang sudah enak. Hanya digoreng biasa saja sudah enak. Apalagi bila dipadu padankan dengan bumbu-bumbu yang lezatos. Tambah makyuss. 

Hanya saja udang goreng tepung buatan saya tidak bisa digunakan sebagai pendamping nasi. Karena setelah menggoreng usai, udang goreng tepung di piring kaca pun selesai. :D

Iya, anak-anak saya suka sekali dengan panganan yang berbahan baku dari udang. Gara-gara udang terjadilah accident entah lucu atau justru memalukan. 

Kejadian itu terjadi ketika anak pertama saya masih berusia batita. Saat itu kami tengah bermain ke rumah tetangga. Kebetulang sang tetangga sedang makan siang dengan lauknya udang goreng. Udang galah yang diolahnya hanya bertaburkan garam. Minim bumbu. Tapi aroma yang dikeluarkan sunguh menggoda. Entah kenapa tiba-tiba saya pergi ke dalam rumah kawan saya itu. Dan meninggalkan si sulung di depan bersama nasi dan si udang goreng di sebuah piring. Dan ketika saya kembali ke halaman rumah si pemilik rumah, saya dikejutkan dengan hal yang diluar perkiraan saya. 

"El, roro ngambil udangku. gak papa sich, tapi lain kali bilang dulu ya Ro." 

Aduh malu-maluin kan. :(((

Semenjak itu saya kerap menggoreng udang. Bukan untuk laut tapi untuk cemilan anak-anak. Berikut bahan dan cara membuatnya.

Bahan-bahan :
- 1/2 kg udang galah uluran sedang
- tepung
- merica
- garam

Cara membuat : 
- Buang kepala, ekor dan kulit udang. Belah bagian punggung dan buang kotoran yang ada di dalamnya.
- Siapkan adnan tepungnya dengan memberi air sedikit demi sedikit beri garam dan merica secukupya.
- Lumurkan udang dengan adonan tepung lalu goreng higga warna kuning kecoklatan.
- Udang berselimut tepung pun siap disajikan.

Satu lagi cemilan favorit anak-anak saya adalah udang goreng berselimutkan tepung roti. Lain kali saya akan bahas itu di sini juga. Dan semoga mini tulisan kali ini bisa bermanfaat.

No comments:

Post a Comment